Sunday, May 24, 2015

Irlandia bebaskan pasangan sesama jenis menikah

Irlandia bebaskan pasangan sesama jenis menikah

Irlandia bebaskan pasangan sesama jenis menikah
Pasangan sesama jenis di Irlandia. ©2015 Merdekairlandia menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui pernikahan sesama jenis berdasarkan penghitungan suara dari warganya. Sebanyak 1,2 juta penduduknya sangat menyetujui adanya kebebasan menikah sesama jenis di negaranya, dan hal tersebut yang pertama dalam sejarah.
Dukungan terbesar mengenai pernikahan sesama jenis datang dari Kota Dublin Selatan, di mana para warganya hampir 75 persen mengatakan setuju. Sementara itu, dukungan paling sedikit diberikan oleh Roscommon Selatan.
Keputusan ini kemudian disahkan oleh Perdana Menteri Irlandia, Enda Kenny. Sontak warga Irlandia langsung turun ke jalanan sebagai bentuk kebahagiaannya.
"Pernikahan dapat dilakukan oleh dua orang tanpa membedakan jenis kelamin mereka. Oleh karena itu, jawabannya ya. Untuk masa depan mereka, untuk cinta mereka, dan ya untuk pernikahan itu," ujar PM Kenny, seperti dilansir dari surat kabar Daily mail, Minggu (24/5).
Orang-orang yang bergembira ini kemudian turun ke jalan, merayakan keputusan baru yang dibuat pemerintah mereka. Tua maupun muda, para pasangan homoseksual ini saling memberikan tanda kasih mereka.
Wakil Perdana Menteri Irlandia, yang juga merupakan pemimpin Partai Buruh, Joan Burton mengatakan, Irlandia merupakan negara yang penuh ragam.
"Kami merupakan bangsa pelangi dengan sejumlah besar keragaman," ucapnya.
Kebebasan untuk menikah dengan sesama jenis di Irlandia sudah sejak lama menjadi pemikiran pemerintah. Para aktivis pecinta sesama jenis getol melakukan demo yang meminta pemerintah mendukung pernikahan sesama jenis di negaranya.

No comments:

Post a Comment